Cara Kerja Cloud Computing

Hallo ikhwah fillah¬†ūüėĬ†pada artikel kali ini saya masih membahas tentang¬†Cloud Computing¬†dan sekarang lebih ke Cara¬†Kerja Cloud Computing,¬† yuk langsung saja simak ulasan berikut ini :

CARA KERJA

Layanan cloud computing memiliki beberapa perbedaan dalam bekerja, tergantung dari penyedia layanan cloud computing itu sendiri. Tetapi banyak penyedia layanan yang menyediakan dashboard berbasis browser friendly yang membuat para profesional IT dan developer lebih mudah dalam memesan sumber daya dan mengelola akun mereka.

Beberapa layanan cloud computing juga dirancang untuk bekerja dengan REST API dan command-line interface (CLI), sehingga memberikan para pengembang banyak pilihan.

ARSITEKTUR CLOUD COMPUTING

cloud (1)

Ketika berbicara tentang sistem cara kerja¬†cloud computing, akan memudahkan jika kita membaginya menjadi dua bagian: front end dan back end. Mereka terhubung satu sama lain melalui jaringan, biasanya Internet. Front end adalah sisi pengguna komputer, atau klien. Back end adalah ‚Äúawan‚ÄĚ dari sistem.

  • Front end termasuk komputer klien (atau jaringan komputer) dan aplikasi, diperlukan untuk mengakses sistem¬†cloud computing. Tidak semua sistem¬†cloud computing¬†memiliki antarmuka pengguna yang sama. Layanan seperti e-mail berbasis Web memanfaatkan browser Web yang ada seperti Internet Explorer atau Firefox. Pada sistem lain ada yang memiliki aplikasi unik yang menyediakan akses jaringan untuk klien.

 

  • back end sistem adalah berbagai komputer, server, dan sistem penyimpanan data yang menciptakan ‚Äúawan‚ÄĚ layanan komputasi. Secara teori, sebuah sistem¬†cloud computing¬†dapat mencakup hampir semua program komputer yang dapat Anda bayangkan, dari pengolahan data sampai video game. Biasanya, setiap aplikasi akan memiliki dedicated server sendiri.

Sebuah server pusat mengelola sistem, pemantauan lalu lintas dan permintaan klien untuk memastikan semuanya berjalan lancar. Ini mengikuti serangkaian aturan yang disebut protokol dan menggunakan software khusus yang disebut middleware. Middleware memungkinkan jaringan komputer untuk berkomunikasi satu sama lain. Sering kali, server tidak berjalan pada kapasitas penuh. Itu berarti ada daya pemrosesan yang tidak terpakai akan sia-sia. Oleh karena itu, memungkinkan untuk memanipulasi sebuah server fisik dengan berpikir bahwa itu sebenarnya terdiri dari beberapa server, masing-masing berjalan dengan sistem operasi yang mandiri. Teknik ini disebut virtualisasi server. Dengan memaksimalkan output dari setiap server, virtualisasi server dapat mengurangi kebutuhan server secara fisik.

Contohnya daam penggunaan email seperti Yahoo ataupun Gmail. Data di beberapa server diintegrasikan secara global tanpa harus mendownload software untuk menggunakannya. Pengguna hanya memerlukan koneksi internet dan semua data dikelola langsung oleh Yahoo dan juga Google. Software dan juga memori atas data pengguna tidak berada di komputer tetapi terintegrasi secara langsung melalui sistem Cloud menggunakan komputer yang terhubung ke internet.

 

 

 

Referensi :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s