Blog

Komputasi Paralel (Processing Parallel)

Pada artikel ini penulis akan mengulas tentang Paralel Processing dan kaitannya dengan komputasi modern. Serta memberikan contoh gambaran parallel processing dari salah satu perusahaan / organisasi.  

Continue reading “Komputasi Paralel (Processing Parallel)”

Contoh Penerapan Komputasi Modern pada Perusahaan di Bidang Teknologi Informasi

Pada artikel ini penulis akan mengulas beberapa tampilan situs atau website perusahaan yang menggunakan penerapan Komputasi Modern. Jadi apa sebenarnya komputasi modern itu ? Jadi komputasi modern adalah sebuah konsep sistem yang menerima intruksi-intruksi dan menyimpannya dalam sebuah memori, memori disini bisa juga dari memori komputer Adapun macam-macam komputasi modern.

Continue reading “Contoh Penerapan Komputasi Modern pada Perusahaan di Bidang Teknologi Informasi”

Membangun Home Multimedia Server menggunakan Jellyfin pada Ubuntu 18.04 Server

Pada penulsian kali ini saya ingin memberikan makalah yang saya tulis beserta kelompok saya dalam membangun sebuah Multimedia Server berbasiskan Local menggunakan Aplikasi Jellyfin di Sistem Operasi Ubuntu 18.04.

lebih jelasnya bisa lihat penulisan makalah dibawah ini :

Sekian .. Jika terdapat kesalahan dalam penulisan , penulis mohon maaf.

Membuat Cloud Storage Server Sederhana menggunakan OWNCLOUD

hallo ikhwah fillah.. pada artikel kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat storage server berbasis cloud menggunakan aplikasi Owncloud pada sistem operasi Linux Debian 9

Apa itu Owncloud ? Owncloud merupakan salah satu CMS (Content Management System) yang digunakan sebagai layanan cloud storage seperti hal nya google drive, dropbox, mega, dsb. Owncloud berbasis IaaS (Infrastructre as a Service) yang dibangun menggunakan Bahasa pemgorgraman PHP. Owncloud juga merupaka software berbasis open-source platform.

Pada artikel kali ini saya mencoba membuat sebuah skema client server sesuai dengan gambar dibawah ini

langkah pertama yaitu melakukan installasi dan konfigurasi LAMPP apa itu LAMPP ? LAMPP merupakan sebuah service paket untuk web server , dan database server di sistem operasi linux.

Installasi LAMPP Server

LAMPP Server terdiri dari paket apache web server, Mysql untuk databasenya dan PHP sebagai bahasa pemogramannya. sebelumnya kita lakukan perintah apt-get update untuk merefesh paket paket terbaru yang ada pada repository debian.

# apt-get update

A. Installasi apache web server

Setelah melakukan proses update kemudian melakukan installasi Apache webserver dengan menggunakan perintah berikut ini.

# apt-get install -y apache2

lalu kita jalankan web server nya dengan mengetikan perintah dibawah ini

# /etc/init.d/apache2 start

buka web browser lalu ketikan alamat localhost apabila muncul seperti gambar dibawah maka web server telah berjalan

Gambar 1. Browser Status Apache WebServer

B. INSTALLASI DATABASE MYSQL

untuk melakukan installasi database mysql di sistem operasi linux kita bisa menggunakan perintah dibawah ini

# apt-get install mariabd-server -y

Kemudian lanjut pada tahap konfigurasi database Mysql nya, dengan
mengetikan perintah

# mysql_secure_installation

setelah mengetikan perintah diatas, maka akan tampil tampilan untuk mengkonfigurasi database Mysql. Pertama-tama user di minta untuk memasukan password untuk hak akses root ke database seperti pada gambar 2.

Gambar 2. Konfigurasi password root mysql

Setelah user memasukan password untuk hak akses root, maka akan tampil beberapa pertanyaan konfigurasi user diminta mengetikan yes atau no (y/n) sesuai dengan kebutuhan user.

Setelah proses konfigurasi default selesai, maka lanjut ke tahap pembuatan user untuk akses ke database, dengan cara masuk kedalam database mysql dengan hak akses root seperti perintah dibawah ini.

# mariadb -u root -p

setelah berhasil masuk kedalam database, maka lakukan query untuk membuat user dengan nama admin. berikut query nya

GRANT ALL ON *.* TO 'admin'@'localhost' IDENTIFIED 'y0urp4ssword' WITH GRANT OPTION;
FLUSH PRIVILEGES;

Kemudian kita bisa masuk ke database dengan nama user admin yang telah
kita buat dengan hak akses penuh lihat pada gambar 3.

Gambar 3. Akses ke database mysql

C. KONFIGURASI DNS dengan bind9

Bind9 adalah pernagkat lunak yang digunakan untuk membuat DNS ( Domain Name System ) di linux. DNS ini dibutuhkan untuk melakukan pengubahan dari alamat IP ke nama domain agar user lebih gampang mengingat suatu nama alamat pada website.

Paket tersebut sudah tersedia pada link repository system operasi Debian. Untuk melakukan instalasi paket Bind9 bisa menggunakan perintah dibawah ini :

# apt-get install bind9 -y

alamat server yang saya miliki adalah 192.168.10.10/24, Kemudian melakukan konfigurasi pada file named.conf.local pada direktori instalasi bind9 dengan menggunakan teks editor nano.

# nano /etc/bind/named.conf.local

lalu tuliskan script dibawah ini pada file named.conf.local

zone "ossec-cloud.org"{
    type master;
    file "/var/cache/bind/db.ossec";
};

 zone "10.168.192.in-addr.arpa"{
    type master;
    file "/var/cache/bind/db.10";
}; 

pada script diatas saya akan membuat DNS dengan nama ossec-cloud.org

lalu Copy file db.127 dan db.local dari direktori instalasi paket bind9 ke direktori yang sesuai dengan script yang telah dibuat tadi yaitu /var/cache/bind dengan nama file yang berbeda.

# cp /etc/bind/db.127 /var/cache/bind/db.10
# cp /etc/bind/db.local /var/cache/bind/db.ossec

Selanjutnya ubah nama localhost pada file db.10 dan db.ossec dengan menyesuaikan nama domain yang ingin di buat seperti gambar 4 dan 5.

Gambar 4. Script konfigurasi db.10
Gambar 5. Script konfigurasi db.ossec

Setelah semua file sudah di konfigurasi, restart paket bind9 dengan perintah dibawah.

# /etc/init.d/bind9 restart

Lakukan uji coba DNS dengan menggunakan perintah nslookup pada terminal debian, seperti pada gambar 6.

Gambar 6, Uji coba DNS

INSTALLASI & KONFIGURASI OWNCLOUD

sebelum melakukan installasi owncloud, harus terlebih dulu menginstall paket PHP dan modul modul lainnya. Alamat repository yang digunakan untuk menginstall pake PHP dan library lainnya adalah alamat https sehingga kita harus menginstall terlebih dahulu paket lain untuk mendukung alamat repository https berikut perintahnya.

# apt-get install apt-transport-https

Setelah paket diatas telah terinstall , kita bisa menambahkan alamat repository pihak ketiga dengan membuat file baru pada direktori /etc/apt/sources.list.d/ untuk dapat menginstall paket PHP7 dan modul lainnya.

# wget -q https://packages.sury.org/php/apt.gpg -O- | sudo apt-key add -
# echo "deb https://packages.sury.org/php/ stretch main" | tee /etc/apt/sources.list.d/php.list 

Kemudian lakukan update untuk menyinkronkan paket pada daftar alamat repository yang baru saja di tambahkan dengan perintah apt-get update. Setelah perintah update selesai kita dapat menginstall paket PHP7 dan modul lainnya yang dibutuhkan oleh aplikasi owncloud berikut pake paket yang dibutuhkan.

# apt-get update
# apt-get install libapache2-mod-php
# sudo apt-get install -y php7.0 php7.0-mysql php7.0-intl php7.0-gd php7.0-curl php7.0-zip php7.0-dom php7.0-xml php7.0-simplexml php7.0-mbstring

Setelah semua paket pendukung telah terinstall pada perangkat server, kemudian mulai melakukan penginstalan aplikasi owncloud. Aplikasi owncloud bisa di dapatkan pada web resmi owncloud dengan menggunakan versi 10.0.7. hasil download berupa file .tar.bz2 yang di letakan pada direktori /tmp dan kemudia berkas akan di estrak pada direktori /var/www/html lalu mengatur tingkat perizinan pada direktori owncloud yang berada di /var/ww/html.

# cd /tmp
# wget https://download.owncloud.org/community/owncloud-10.0.7.tar.bz2
# cd /var/www/html
# tar xjf /tmp/owncloud-10.0.7.tar.bz2
# chown -R www-data:www-data owncloud
# chmod -R 755 owncloud
# rm -f /tmp/owncloud-10.0.7.tar.bz2

Aplikasi Owncloud memerlukan tempat penyimpanan database untuk menyimpan semua data yang di perlukan untuk aplikasi owncloud salah satunya data user sehingga dibuatkan database baru dengan nama owncloud dan memberikan hak akses kepada user yang bernama admin. Untuk mengaturnya terlebih dahulu masuk kedalam database dengan perintah dibawah

# mariadb -u root -p
MariaDB[(none)]> CREATE DATABASE owncloud;
MariaDB[(none)]> GRANT ALL ON owncloud.* to 'admin'@'localhost';
MariaDB[(none)]> FLUSH PRIVILEGES;
MariaDB[(none)]> quit

Langkah selanjutnya mengkonfigurasi aplikasi owncloud pada halaman websitenya. Buka alamat server pada web browser maka akan muncul halaman aplikasi owncloud seperti gambar 7.

Gambar 7. Halaman konfigurasi Owncloud

Jika semua telah terisi click tombol finish setup dan aplikasi owncloud akan memproses. Setelah proses berjalan dengan lancar maka akan muncul halaman login, masuk menggunakan akun admin yang telah dibuat maka akan masuk kedalam halaman utama owncloud seperti pada gambar 8. Hak akses administrator merupakan hak akses tertinggi ada aplikasi owncloud yang bisa menambahkan akun user, mengatur besaran kapasitas setiap user, dsb.

Gambar 8. Tampilan utama Owncloud

Setelah semua selesai di konfigurasi admin bisa menambahkan user dan nantinya siap digunakan oleh beberapa user sebagai tempat penyimpanan berbasis cloud.